Pengumuman Nomor : PENG - 27/PJ.09/2024

Kategori : Lainnya

Peluncuran Simulator Coretax


24 September 2024


PENGUMUMAN
NOMOR PENG - 27/PJ.09/2024

TENTANG

PELUNCURAN SIMULATOR CORETAX


Sehubungan dengan dirilisnya media edukasi berupa Simulator Coretax, kami sampaikan hal sebagai berikut.
1. Simulator Coretax merupakan sarana simulasi pengenalan menu-menu dalam aplikasi Coretax yang bersifat interaktif yang dapat diakses dari mana pun dan kapan pun dengan menggunakan internet.
2. Wajib Pajak tidak perlu khawatir terhadap keamanan dan kerahasiaan data pribadinya karena data yang digunakan dalam Simulator Coretax adalah data khusus untuk keperluan edukasi dan bukan data Wajib Pajak yang sebenarnya.
3. Guna mengakses Simulator Coretax, Wajib Pajak harus mendaftarkan diri pada laman awal akun DJP Online (https://djponline.pajak.go.id).
4. Adapun tata cara pendaftaran untuk mengakses Simulator Coretax adalah sebagai berikut.
a. Login ke laman https://djponline.pajak.go.id dengan mengisi data sebagai berikut.
1) NPWP/NIK/NITKU.
2) Password DJP Online.
3) Kode keamanan (captcha). 4) Klik tombol Login.
b. Klik gambar Daftar Simulator Coretax.
c. Isi alamat email (bisa diedit), kode keamanan, dan tekan tombol Simpan.
d. Tekan tombol OK jika muncul notifikasi registrasi berhasil.
e. Jika telah berhasil mendaftar, kolom pendaftaran akan terkunci.
f. Lakukan pengecekan email secara berkala dalam 3 (tiga) hari ke depan, untuk mengetahui username dan password agar dapat login ke aplikasi Simulator Coretax, yang dikirim dari alamat email coretax-simulator@pajak.go.id.
g. Setelah menerima email dari coretax-simulator@pajak.go.id, gunakan username dan password untuk login ke aplikasi Simulator Coretax dengan mengakses https://portalwp-simulasi.pajak.go.id.
5. Selain Simulator Coretax, guna meningkatkan pemahaman Wajib Pajak terhadap Coretax, kami juga menyediakan sarana belajar mandiri mengenai pengenalan aplikasi Coretax dalam bentuk video tutorial dan buku panduan (handbook), yang akan kami unggah dan perbarui secara berkala.
a. Video tutorial dapat diakses melalui kanal Youtube Direktorat Jenderal Pajak pada tautan https://youtube.com/playlist?list=PLDDScx7l7xS19VM7N4aBtNaesWC2x3OQG&si=jfnn 9lWn3IlQ71I3.
b. Buku panduan dapat diakses melalui laman landas situs web Direktorat Jenderal Pajak pada tautan https://www.pajak.go.id/reformdjp/coretax/.

Pengumuman ini hendaknya dapat disebarluaskan.




Ditetapkan di Jakarta
pada tanggal 24 September 2024
Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat

Ditandatangani secara elektronik

Dwi Astuti