22 Desember 2023 | 4 months ago

Jokowi Iming-imingi Insentif UMKM

Harian Bisnis Indonesia

0 Views

Bisnis, JAKARTA — Presiden Joko Widodo menyampaikan angin segar kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah akan membebaskan UMKM yang berinvestasi dari kewajiban membayar pajak penghasilan (PPh) dan pajak pertambahan nilai (PPN).

“PPh, PPN, maupun PPh karyawan akan dibebaskan. Ini untuk memberikan trigger ekonomi kepada para pelaku UKM yang ingin berinvestasi di IKN,” katanya saat meresmikan proyek pembangunan BSH Hub Community, Kamis (21/12).

Ditjen Pajak Kementerian Keuangan memberikan insentif berupa tarif pajak 0% bagi para pelaku UMKM yang menjalankan usaha di IKN. Hal itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah No 12/2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, dan Fasilitas Penanaman Modal bagi Pelaku Usaha di Ibu Kota Nusantara.

Dalam beleid itu, UMKM termasuk pihak yang mendapatkan insentif PPh 0% apabila beroperasi di IKN. Insentif diberikan untuk UMKM yang mempunyai omzet hingga Rp50 miliar per tahun.

Meskipun begitu, UMKM tersebut harus bertempat tinggal atau berlokasi atau memiliki cabang di IKN. Apabila telah terdaftar sebagai wajib pajak di wilayah IKN, maka pemilik UMKM bisa menikmati PPh 0% hingga 2035.

Merespons pernyataan Jokowi, Penjabat (Pj.) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik mengajak UMKM di wilayahnya untuk tidak melewatkan kesempatan berinvestasi di IKN. Menurutnya, IKN merupakan lahan bisnis yang potensial bagi UMKM Kaltim, khususnya di sektor kuliner dan perhotelan.

Dia memberi contoh BSH Community Hub yang akan membangun food court dan restoran di kawasan IKN. BSH Community Hub adalah proyek investasi PT Karya BSH Mandiri, perusahaan yang bergerak di bidang properti dan pariwisata. Proyek ini mencakup pembangunan hotel bintang 3, gedung pertemuan, restoran, apartemen, dan food court area dengan nilai investasi Rp370 miliar.

“UMKM Kaltim jangan ketinggalan. Saya berharap ada pusat kuliner khas Kaltim yang bisa menarik perhatian pengunjung IKN,” ujarnya seusai peluncuran Transportasi Ramah Lingkungan Blue Bird Group bersama Presiden Joko Widodo di Penajam Paser Utara, kemarin.

Pemerintah daerah pun, kata Akmal, akan memberikan insentif bagi UMKM yang berinvestasi di IKN.

“Pemprov Kaltim akan memberikan bantuan permodalan melalui Bank Kaltimtara,” katanya. (Akbar Evandio/ M. Mutawallie Syarawi)