27 Juli 2009 | 14 years ago

Tjiptardjo Gantikan Darmin sebagai Direktur Jenderal Pajak

Tempo Interaktif

126 Views

TEMPO Interaktif, Jakarta -  Direktur Intelijen dan Penyidikan Direktorat Jenderal Pajak, Muhammad Tjiptardjo ditunjuk sebagai Direktur Jenderal Pajak menggantikan Darmin Nasution yang terpilih menjadi Deputi Senior Gubernur Bank Indonesia. “Tjiptardjo akan menggantikan Darmin,” kata sumber Tempo di Jakarta pada Senin (27/7).

Sumber Tempo mengatakan Presiden Yudhoyono sudah menekan surat keputusan pengangkatan Tjiptardjo sebagai Direktur Jenderal Pajak. “Surat sudah ditekan dan tinggal diterbitkan,” katanya. Sosok Tjiptardjo dipilih karena prestasinya yang baik dan diharapkan bisa melanjutkan reformasi di bidang perpajakan. Pelantikan Tjiptardjo rencananya dilakukan pada Selasa (28/7) besok pukul 10.00 pagi.

Tjiptardjo sendiri mengaku belum mengetahui penunjukkan dirinya sebagai pengganti Darmin. “Saya belum menerima surat pemberitahuan apa pun sampai sekarang,” katanya. Dia mengatakan dirinya tidak pernah menjalani uji kelayakan dan kepatutan.

Menurut Tjiptardjo, sampai saat ini dirinya tidak pernah dipanggil oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani maupun Darmin Nasution untuk membicarakan posisi Direktur Jenderal Pajak. “Tapi, kalau diajak ngobrol-ngobrol bagaimana pajak ke depan ya pernah,” katanya. Dia mengatakan apakah obrolan itu bagian dari fit and proper test, Tjiptardjo mengaku tidak tahu.

| metta d | arif f | agoeng wijaya